PROPOSAL
PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA
(ENTERPRENEUR STUDENT PROGRAM)
MAHASISWA UNIVERSITAS TEKNOLOGI YOGYAKARTA
TAHUN 2010
Disusun oleh :
Jepy Andung Pambudi 109 5111 171
Riko Widi Asmoro 109 5111 173
Andie Zainurrokhman 109 5111 230
Ahmad Fahrudin 109 5111 232
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS TEKNOLOGI YOGYAKARTA
Jalan Glagahsari No 63 Yogyakarta
Telp (0274) 373955 Fax (0274) 381212
2010
PROPOSAL
PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA
(ENTERPRENEUR STUDENT PROGRAM)
BAGI MAHASISWA UNIVERSITAS TEKNOLOGI YOGYAKARTA
TAHUN 2010
Judul Rencana Usaha : Produksi Tas Anak Bangsa
Pemohon
Nama : Blackhole Company
Fakultas / Jurusan : Fakultas Ekonomi / S1 Akuntansi C
Alamat : Glagah UH IV/ 137 RT 5/ 1
Nomor Telp : +628996601113
Waktu Pelaksanaan :7 ( Tujuh) bulan, Juni – Desember 2010
Biaya yang diusulkan : Rp. 8.000.000,00
Yogyakarta, 25 Mei 2010
Mengetahui : Ketua Tim / Penanggungjawab,
Dosen Pembimbing,
________________ __________________
NIP NIM
Mengetahui/Menyetujui Mengetahui /Menyetujui
Pimpinan Lembaga/Pusat Kewirausahaan Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta,
(Tanda Tangan & Cap) (Tanda Tangan & Cap PTS)
______________________ ______________________
NIP NIP
1.LATAR BELAKANG UNIT USAHA
Usaha ini saya dirikan karena kurangnya warga Indonesia yang menggunakan produk dalam negeri. Kebanyakan warga Indonesia hanya mencari gengsi sewaktu akan membeli sebuah produk. Maka dari itu saya menyajikan produk yang low price high quality. Di samping itu, banyak anak negeri yang masih membutuhkan pekerjaan. Saya memulai untuk memberi kesempatan kepada fresh graduate kita. Terutama siswa SMK yang bidang keahliannya menjahit tas. Karena maraknya penggangguran, maka saya akan berencana membesarkan usaha ini dengan tujuan utama membuka lapangan kerja.
DATA UNIT USAHA
Nama Perusahaan : Blackhole Company
Bidang Usaha : Produksi
Jenis Produk / Jasa : Tas
Alamat Perusahaan : Glagah UH IV/ 137 RT 5/ 1
Nomor Telepon : +628996601113
Alamat Email : blackhole@gmail.com
Mulai Berdiri : Januari 2010
JABATAN
Owner : Andie Zainurrokhman
Produksi : Jepy Andung Pambudi
Pemasaran : Riko Widi Asmoro
Keuangan : Ahmad Fahrudin
ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN
PRODUK YANG DIHASILKAN
Blackhole Company menghasilkan tas pria maupun wanita. Yang dibuat dengan low price namun high quality. Artinya, barang kami dibuat dengan standar mutu bahan baku maupun cara setara dengan merk terkenal asal luar negeri. Namun harga yang kami tawarkan jauh di bawah harga merk terkenal luar negeri.
GAMBARAN PASAR
Karena saat ini distro sangat berkembang pesat,dan karena anak muda di Indonesia sangat konsumtif, maka produk ini khusus kita persembahkan untuk anak muda di Indonesia. Supaya mereka dapat lebih mengkonsumsi produk dalam negeri.
Kami telah beberapa bulan menggeluti usaha ini,walaupun masih dengan keterbatasan modal dan alat, namun usaha ini sudah dikatakan baik dan berkembang sangat pesat. Dalam waktu satu bulan omzet kami mencapai 2 sampai 3 juta. Dengan modal awal hanya 900 ribu rupiah. Karena mangsa pasar sangat baik, maka dalam satu bulan pertama produk kita sudah dapat diterima dengan baik.
TARGET ATAU SEGMEN PASAR YANG DITUJU
Target kami adalah memperkenalkan produk dalam negeri kepada anak muda. Karena anak muda identik dengan gengsi yang tinggi maka kita arahkan gengsi tersebut agar mereka bisa mengonsumsi produk dalam negeri sendiri.
TREND PERKEMBANGAN PASAR
Perkiraan Jumlah dan Nilai : Jumlah tiap bulan 30 item dengan nilai 3 juta rupiah
Rata-rata Permintaan : Permintaan tiap bulan 20-40 item
Produk Per Tahun : 360 item
PROYEKSI PENJUALAN
Proyeksi penjualan kami peroleh dari setiap kebutuhan pasar dan trend pasar. Karena setiap bulan rata-rata trend berubah maka kami menyediakan barang yang sesuai dengan tren pasar saat ini.
RENCANA STRATEGI PEMASARAN
Produk kita selalu kita kembangkan dengan mengikuti trend yang ada. Setiap bulan model kita upgrade, dan kita mencari info barang yang terbaik di pasaran.
Rencana bulan ini kita akan mengembangkan tidak di daerah Yogyakarta saja. Namun, kita kembangkan di daerah Magelang, Temanggung, Purworejo, Solo dan sekitarnya.
ANALISIS KELAYAKAN BISNIS / ANALISIS DAMPAK DAN RESIKO USAHA ( SWOT
ANALYSIS )
DAMPAK TERHADAP MASYARAKAT SEKITAR
Masyarakat sekitar menjadi terbantu karena kami mempekerjakan masyarakat sekitar untuk menjadi buruh produksi. Terutama siswa SMK 6 yang tidak jauh dari perusahaan kami. Dan masyarakat tidak merasa dirugikan karena adanya kegiatan perusahaan kami.
Dampak produksi ekonomi bagi lingkungan, berdampak sangat kecil. Karena sampah yang kita hasilkan, terutama kain perca kami daur ulang menjadi bantal.
ANALISIS RESIKO USAHA
Hal yang dapat mengganggu adalah turunnya tingkat konsumsi pasar yang mengakibatkan anjloknya pendapatan per bulan. Seperti pada saat bulan ujian pasti masyarakat lebih tidak konsumtif.
ANTISIPASI RESIKO USAHA
Di saat musim ujian tiba, kita mengadakan acara bazaar untuk menarik konsumen. Begitu pula pada bulan-bulan tertentu kita mengadakan bazaar juga untuk menarik tingkat konsumtif konsumen.
RENCANA KAPASITAS PRODUKSI
FASILITAS PRODUKSI YANG DIMILIKI
Mesin jahit biasa
KAPASITAS PRODUKSI : 30 items
RATA-RATA PER BULAN : 30 items
RENCANA PENGEMBANGAN PRODUKSI
STRATEGI DAN TAHAP TAHAP
Tahap 1
Menyebarkan produk di setiap daerah agar masyarakat mulai mengenal produk kami. Seperti kata pepatah “ tak kenal maka tak sayang “. Maka kami mulai membidik mangsa pasar dengan mengenalkan produk kami terlebih dahulu
Tahap 2
Membuat bazaar yang diminati anak muda jaman sekarang. Dengan membuat bazaar maka anak Indonesia mulai menyayangi produk kami.
VOLUME PENJUALAN SAAT INI
Volume penjualan saat ini rata-rata tiap bulan 30 items dengan nilai 2 sampai 3 juta rupiah. Dengan rincian harga :
Tas Ransel : @Rp 100.000,00 - Rp 150.000,00
Tas Postman : @ Rp 75.000,00 - Rp 135.000,00
Tas Cewek : @ Rp 75.000,00 – Rp 200.000,00
RENCANA PENINGKATAN JUMLAH PENJUALAN
Dengan bantuan alat besar kami menargetkan jumlah penjualan rata-rata tiap bulan 120 item dengan nilai 5-8 juta rupiah. Kami juga memulai mengembangkan produk membuat sepatu, dompet, dan kaos.
ANALISIS SUMBER DAYA MANUSIA (SDM)
SDM kami ambil dari siswa SMK yang benar-benar ahli di bidang jahit menjahit. Jadi, SDM sangat tidak meragukan lagi.
RENCANA PENGEMBANGAN USAHA
Usaha ini kami kembangkan dengan mengadakan bazaar di Yogyakarta. Bulan berikutnya akan kami gelar bazar di daerah Magelang dan Solo. Bulan berikutnya lagi kami akan menggelar bazaar di daerah Semarang dan sekitarnya.
Produksi kami kembangkan mulai bulan depan menjadi tas, dompet, dan kaos. Dua bulan lagi kami akan membuat sepatu.
Strategi keuangan kita adalah dengan menyisihkan laba untuk membuat tempat produksi yang lebih besar dan lebih nyaman untuk membuat karyawan lebih nyaman.
RENCANA BERKELANJUTAN
RENCANA KEBUTUHAN PINJAMAN
TOTAL NILAI KEBUTUHAN = Rp. 8.000.000,00
Dengan rincian penggunaan sebagai berikut :
Pembelian 3 mesin jahit second @ Rp 1.500.000,00 = Rp 4.500.000,00
Biaya Service = Rp 500.000,00
Pembelian Bahan baku = Rp 2.000.000,00
Lain – lain = Rp 1.000.000,00
RENCANA PENGEMBALIAN DANA PINJAMAN
JANGKA WAKTU : 2,5 tahun ( 30 bulan )
PENGEMBALIAN
MASA TENGGANG : 0,5 tahun ( 6 bulan )
PEMBAYARAN
LAPORAN KEUANGAN BULAN APRIL 2010
LAPORAN LABA – RUGI
-
BLACKHOLE COMPANY
LAPORAN LABA RUGI
30 April 2010
Penjualan
Rp 3.000.000
HPP
Rp 1.200.000
Laba kotor
Rp 1.800.000
Biaya- biaya:
Biaya Gaji
Rp 500.000
Biaya Pemasaran
Rp 100.000
Biaya supplies
Rp 50.000
Biaya Listrik, Telepon
Rp 200.000
Biaya Lain-lain
Rp 100.000
Total biaya
Rp 950.000
Laba bersih sebelum pajak
Rp 850.000
Pajak (5% dari laba bersih)
Rp 42.500
Laba bersih setelah pajak
Rp 807.500
LAPORAN PERUBAHAN MODAL
-
BLACKHOLE COMPANY
LAPORAN PERUBAHAN MODAL
30 April 2010
Modal awal 1 April 2010
Rp 1.950.000
Laba bersih
Rp 807.500
Modal akhir 30 April 2010
Rp 2.757.500
NERACA
BLACKHOLE COMPANY | ||||
NERACA | ||||
30 April 2010 | ||||
Aset Lancar |
|
| Passiva |
|
Kas | Rp 682.500 |
| Kewajiban | Rp - |
Persediaan barang jadi | Rp 400.000 |
|
|
|
Persediaan barang dlm proses | Rp 250.000 |
| Modal | Rp 2.757.500 |
Persediaan bhn bku | Rp 200.000 |
|
|
|
Persediaan bhn pmbntu | Rp 100.000 |
|
|
|
Supplies kantor | Rp 25.000 |
|
|
|
Total aset lancar |
| Rp 1. 657.500 |
|
|
|
|
|
|
|
Aset tetap |
|
|
|
|
mesin jahit | Rp 1.100.000 |
|
|
|
Total aset tetap |
| Rp 1.100.000 |
|
|
Total asset |
| Rp 2.757.500 | Total passiva | Rp 2.757.500 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar