Senin, 30 Mei 2011

Tugas kombis "BLACKHOLE COMPANY"

PROPOSAL

PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA

(ENTERPRENEUR STUDENT PROGRAM)

MAHASISWA UNIVERSITAS TEKNOLOGI YOGYAKARTA

TAHUN 2010


Disusun oleh :

Jepy Andung Pambudi 109 5111 171

Riko Widi Asmoro 109 5111 173

Andie Zainurrokhman 109 5111 230

Ahmad Fahrudin 109 5111 232



FAKULTAS EKONOMI

UNIVERSITAS TEKNOLOGI YOGYAKARTA

Jalan Glagahsari No 63 Yogyakarta

Telp (0274) 373955 Fax (0274) 381212

2010






PROPOSAL

PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA

(ENTERPRENEUR STUDENT PROGRAM)

BAGI MAHASISWA UNIVERSITAS TEKNOLOGI YOGYAKARTA

TAHUN 2010



  1. Judul Rencana Usaha : Produksi Tas Anak Bangsa


  1. Pemohon

  • Nama : Blackhole Company

  • Fakultas / Jurusan : Fakultas Ekonomi / S1 Akuntansi C

  • Alamat : Glagah UH IV/ 137 RT 5/ 1

  • Nomor Telp : +628996601113






Waktu Pelaksanaan :7 ( Tujuh) bulan, Juni – Desember 2010

Biaya yang diusulkan : Rp. 8.000.000,00


Yogyakarta, 25 Mei 2010

Mengetahui : Ketua Tim / Penanggungjawab,

Dosen Pembimbing,




________________ __________________

NIP NIM


Mengetahui/Menyetujui Mengetahui /Menyetujui

Pimpinan Lembaga/Pusat Kewirausahaan Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta,

(Tanda Tangan & Cap) (Tanda Tangan & Cap PTS)







______________________ ______________________

NIP NIP





1.LATAR BELAKANG UNIT USAHA

Usaha ini saya dirikan karena kurangnya warga Indonesia yang menggunakan produk dalam negeri. Kebanyakan warga Indonesia hanya mencari gengsi sewaktu akan membeli sebuah produk. Maka dari itu saya menyajikan produk yang low price high quality. Di samping itu, banyak anak negeri yang masih membutuhkan pekerjaan. Saya memulai untuk memberi kesempatan kepada fresh graduate kita. Terutama siswa SMK yang bidang keahliannya menjahit tas. Karena maraknya penggangguran, maka saya akan berencana membesarkan usaha ini dengan tujuan utama membuka lapangan kerja.

    1. DATA UNIT USAHA

  1. Nama Perusahaan : Blackhole Company

  2. Bidang Usaha : Produksi

  3. Jenis Produk / Jasa : Tas

  4. Alamat Perusahaan : Glagah UH IV/ 137 RT 5/ 1

  5. Nomor Telepon : +628996601113

  6. Alamat Email : blackhole@gmail.com

  7. Mulai Berdiri : Januari 2010


    1. JABATAN

Owner : Andie Zainurrokhman

Produksi : Jepy Andung Pambudi

Pemasaran : Riko Widi Asmoro

Keuangan : Ahmad Fahrudin


  1. ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN


    1. PRODUK YANG DIHASILKAN


Blackhole Company menghasilkan tas pria maupun wanita. Yang dibuat dengan low price namun high quality. Artinya, barang kami dibuat dengan standar mutu bahan baku maupun cara setara dengan merk terkenal asal luar negeri. Namun harga yang kami tawarkan jauh di bawah harga merk terkenal luar negeri.


    1. GAMBARAN PASAR


Karena saat ini distro sangat berkembang pesat,dan karena anak muda di Indonesia sangat konsumtif, maka produk ini khusus kita persembahkan untuk anak muda di Indonesia. Supaya mereka dapat lebih mengkonsumsi produk dalam negeri.

Kami telah beberapa bulan menggeluti usaha ini,walaupun masih dengan keterbatasan modal dan alat, namun usaha ini sudah dikatakan baik dan berkembang sangat pesat. Dalam waktu satu bulan omzet kami mencapai 2 sampai 3 juta. Dengan modal awal hanya 900 ribu rupiah. Karena mangsa pasar sangat baik, maka dalam satu bulan pertama produk kita sudah dapat diterima dengan baik.


    1. TARGET ATAU SEGMEN PASAR YANG DITUJU


Target kami adalah memperkenalkan produk dalam negeri kepada anak muda. Karena anak muda identik dengan gengsi yang tinggi maka kita arahkan gengsi tersebut agar mereka bisa mengonsumsi produk dalam negeri sendiri.


    1. TREND PERKEMBANGAN PASAR

Perkiraan Jumlah dan Nilai : Jumlah tiap bulan 30 item dengan nilai 3 juta rupiah

Rata-rata Permintaan : Permintaan tiap bulan 20-40 item

Produk Per Tahun : 360 item




    1. PROYEKSI PENJUALAN


Proyeksi penjualan kami peroleh dari setiap kebutuhan pasar dan trend pasar. Karena setiap bulan rata-rata trend berubah maka kami menyediakan barang yang sesuai dengan tren pasar saat ini.


    1. RENCANA STRATEGI PEMASARAN


Produk kita selalu kita kembangkan dengan mengikuti trend yang ada. Setiap bulan model kita upgrade, dan kita mencari info barang yang terbaik di pasaran.


Rencana bulan ini kita akan mengembangkan tidak di daerah Yogyakarta saja. Namun, kita kembangkan di daerah Magelang, Temanggung, Purworejo, Solo dan sekitarnya.








    1. ANALISIS KELAYAKAN BISNIS / ANALISIS DAMPAK DAN RESIKO USAHA ( SWOT

ANALYSIS )

      1. DAMPAK TERHADAP MASYARAKAT SEKITAR


Masyarakat sekitar menjadi terbantu karena kami mempekerjakan masyarakat sekitar untuk menjadi buruh produksi. Terutama siswa SMK 6 yang tidak jauh dari perusahaan kami. Dan masyarakat tidak merasa dirugikan karena adanya kegiatan perusahaan kami.


Dampak produksi ekonomi bagi lingkungan, berdampak sangat kecil. Karena sampah yang kita hasilkan, terutama kain perca kami daur ulang menjadi bantal.



      1. ANALISIS RESIKO USAHA


Hal yang dapat mengganggu adalah turunnya tingkat konsumsi pasar yang mengakibatkan anjloknya pendapatan per bulan. Seperti pada saat bulan ujian pasti masyarakat lebih tidak konsumtif.




      1. ANTISIPASI RESIKO USAHA


Di saat musim ujian tiba, kita mengadakan acara bazaar untuk menarik konsumen. Begitu pula pada bulan-bulan tertentu kita mengadakan bazaar juga untuk menarik tingkat konsumtif konsumen.







  1. RENCANA KAPASITAS PRODUKSI

    1. FASILITAS PRODUKSI YANG DIMILIKI

Mesin jahit biasa

KAPASITAS PRODUKSI : 30 items

RATA-RATA PER BULAN : 30 items


    1. RENCANA PENGEMBANGAN PRODUKSI

STRATEGI DAN TAHAP TAHAP


Tahap 1


Menyebarkan produk di setiap daerah agar masyarakat mulai mengenal produk kami. Seperti kata pepatah “ tak kenal maka tak sayang “. Maka kami mulai membidik mangsa pasar dengan mengenalkan produk kami terlebih dahulu

Tahap 2


Membuat bazaar yang diminati anak muda jaman sekarang. Dengan membuat bazaar maka anak Indonesia mulai menyayangi produk kami.



    1. VOLUME PENJUALAN SAAT INI

Volume penjualan saat ini rata-rata tiap bulan 30 items dengan nilai 2 sampai 3 juta rupiah. Dengan rincian harga :

  • Tas Ransel : @Rp 100.000,00 - Rp 150.000,00

  • Tas Postman : @ Rp 75.000,00 - Rp 135.000,00

  • Tas Cewek : @ Rp 75.000,00 – Rp 200.000,00


    1. RENCANA PENINGKATAN JUMLAH PENJUALAN


Dengan bantuan alat besar kami menargetkan jumlah penjualan rata-rata tiap bulan 120 item dengan nilai 5-8 juta rupiah. Kami juga memulai mengembangkan produk membuat sepatu, dompet, dan kaos.



  1. ANALISIS SUMBER DAYA MANUSIA (SDM)

SDM kami ambil dari siswa SMK yang benar-benar ahli di bidang jahit menjahit. Jadi, SDM sangat tidak meragukan lagi.




  1. RENCANA PENGEMBANGAN USAHA

Usaha ini kami kembangkan dengan mengadakan bazaar di Yogyakarta. Bulan berikutnya akan kami gelar bazar di daerah Magelang dan Solo. Bulan berikutnya lagi kami akan menggelar bazaar di daerah Semarang dan sekitarnya.

Produksi kami kembangkan mulai bulan depan menjadi tas, dompet, dan kaos. Dua bulan lagi kami akan membuat sepatu.


Strategi keuangan kita adalah dengan menyisihkan laba untuk membuat tempat produksi yang lebih besar dan lebih nyaman untuk membuat karyawan lebih nyaman.






  1. RENCANA BERKELANJUTAN

    1. RENCANA KEBUTUHAN PINJAMAN

TOTAL NILAI KEBUTUHAN = Rp. 8.000.000,00

Dengan rincian penggunaan sebagai berikut :

  • Pembelian 3 mesin jahit second @ Rp 1.500.000,00 = Rp 4.500.000,00

  • Biaya Service = Rp 500.000,00

  • Pembelian Bahan baku = Rp 2.000.000,00

  • Lain – lain = Rp 1.000.000,00


    1. RENCANA PENGEMBALIAN DANA PINJAMAN


JANGKA WAKTU : 2,5 tahun ( 30 bulan )

PENGEMBALIAN


MASA TENGGANG : 0,5 tahun ( 6 bulan )

PEMBAYARAN



  1. LAPORAN KEUANGAN BULAN APRIL 2010


    1. LAPORAN LABA – RUGI

BLACKHOLE COMPANY

LAPORAN LABA RUGI

30 April 2010

Penjualan

Rp 3.000.000

HPP

Rp 1.200.000

Laba kotor

Rp 1.800.000

Biaya- biaya:

Biaya Gaji

Rp 500.000

Biaya Pemasaran

Rp 100.000

Biaya supplies

Rp 50.000

Biaya Listrik, Telepon

Rp 200.000

Biaya Lain-lain

Rp 100.000

Total biaya

Rp 950.000

Laba bersih sebelum pajak

Rp 850.000

Pajak (5% dari laba bersih)

Rp 42.500

Laba bersih setelah pajak

Rp 807.500








    1. LAPORAN PERUBAHAN MODAL


BLACKHOLE COMPANY

LAPORAN PERUBAHAN MODAL

30 April 2010

Modal awal 1 April 2010

Rp 1.950.000

Laba bersih

Rp 807.500

Modal akhir 30 April 2010

Rp 2.757.500



    1. NERACA


BLACKHOLE COMPANY

NERACA

30 April 2010

Aset Lancar

Passiva

Kas

Rp 682.500

Kewajiban

Rp -

Persediaan barang jadi

Rp 400.000


Persediaan barang dlm proses

Rp 250.000

Modal

Rp 2.757.500

Persediaan bhn bku

Rp 200.000


Persediaan bhn pmbntu

Rp 100.000


Supplies kantor

Rp 25.000


Total aset lancar


Rp 1. 657.500




Aset tetap



mesin jahit

Rp 1.100.000


Total aset tetap


Rp 1.100.000


Total asset

Rp 2.757.500

Total passiva

Rp 2.757.500


Tidak ada komentar:

Posting Komentar